Welcome to My Blog!

Belajar Graffiti, Photoshop, Coreldraw Share Tutorials, Tips And Tricks
Follow Me

Tutorial Membuat Foto Mozaik Prasetyo Design Di Photoshop



By  Catur Prasetyo     3/30/2013    Labels:, 


Yossssshhh, Ketemu Lagi dengan saya Prasetyo Design baru kemaren upload Membuat Text 3D efek light Prasetyo Design di CorelDraw, dan Kali ini saya akan berbagi lagi Tutorial Membuat Foto Mozaik Prasetyo Design Di Photoshop yaitu kita akan mempelajari bagaimana cara membuat koleksi gambar dalam satu dokumen (contact sheet) lalu memadukannya dengan gambar utama sehingga tampak seakan-akan gambar utama merupakan hasil dari susunan ribuan foto yang berbeda (tipuan Mata) hehhe ...

Langsung aja ke Tutorial Membuat Foto Mozaik Prasetyo Design Di Photoshop dibawah ini:

Langkah Pertama

Langkah pertama adalah membuat folder tempat menyimpan semua foto/gambar yang akan kita buat background mozaik, pastikan kamu membuat duplikat dari foto-foto ini sehingga jika ada kesalahan foto-fotomu tidak rusak semua. Berikutnya kita akan membuat Photoshop action, buka salah satu fotomu dengan Photoshop lalu pilih  Window > Actions. Klik menu action di sebelah kanan atas dan pilih New Action. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.



Langkah Kedua

Ketika jendela seperti dibawah muncul, klik Record dan semua yang kamu lakukan akan terekam.



Langkah Ketiga

Sekarang klik Images > Image Size dan hilangkan tanda check pada Constrain Proportions, tetapi check pada Resample Image. Ketik 1 cm pada kolom Width dan Height dan jadikan resolusi 200ppi. Klik OK kemudian simpan gambar. Tutup jendela. Sekarang klik kotak abu-abu pada bagian bawah Action palet untuk menghentikan proses perekaman.



Langkah Empat

Sekarang ubah Action menjadi Droplet. Sekarang menuju ke File > Automate kemudian pilih Create Droplet. Klik tombol Choose untuk mengatur dimana Droplet akan disimpan, pilih Action yang barusan kamu buat pada pull-down menu Action kemudian klik OK.



Langkah Lima

Kembali ke folder foto-foto yang telah kamu kumpulkan dan blok semua foto. Sekarang drag semua foto tersebut ke ikon droplet untuk diubah ukurannya menjadi kotak 1cm x 1cm, lebih jelasnya lihat screenshot dibawah. Tunggu beberapa saat.



Langkah Enam

Setelah semua gambar kita ubah ukurannya, sekarang saatnya mengumpulkan semuanya untuk membuat background Mozaik. Ini bisa kita lakukan dengan menggunakan plugin Photoshop yang bernama Contact Sheet II. Tutorial ini saya buat menggunakan Photoshop CS4, jika kamu menggunakan Photoshop seri yang sama kamu bisa dawnload plugin yang dibutuhkan bisa Download Disini. Untuk menggunakannya klik File > Automate > Contact Sheet II. Jangan lupa untuk menginstall plugin ini terlebih dahulu.
Contact Sheet II perlu tahu dimana kita menyimpan foto-foto yang ingin kita jadikan contact sheet, maka klik Browse dan tunjukkan dimana kamu menyimpannya. Setelah kamu mengatur lokasi folder, kita bergeser ke bawah menuju pengaturan Document. 
Disini saya menggunakan dokumen dengan ukuran 1280px x 800px pada resolusi 200ppi, tetapi kamu bisa tentukan sendiri ukuran yang kamu inginkan. Pastikan opsi Flatten All Layers kamu check. Sekarang menuju ke pengaturan Thumbnails. Isikan seberapa banyak jumlah columns (mendatar) dan rows (menurun) yang kamu butuhkan. Karena foto yang kita gunakan memiliki ukuran persegi 1cm x 1cm maka ini berarti sama dengan perbandingan satu banding satu (lihat pada kolom sebelah kanan, pada contoh perbandingan W dan H adalah 28 banding 28 atau sama dengan satu banding satu). Centang kotak Rotate For The Best Fit dan isikan 0 (nol) pada kotak Vertical dan Horizontal. Ini untuk memastikan tidak ada jarak antar sheet. Tekan OK untuk membuat sheet.



Langkah Ketujuh

Contact Sheet akan menampilkan sekumpulan thumbnail kecil dan ini juga memberikan gambaran seberapa banyak foto yang kamu gunakan untuk membuatnya. Jika foto-foto yang kamu miliki tidak cukup untuk memenuhi ruang yang kamu inginkan, maka kamu tinggal copy dan paste lalu menyusunnya sampai kebutuhan ruang dokumen kamu terpenuhi.



Langkah Kedelapan

Buka gambar utamamu dengan Photoshop, tekan Ctrl+A untuk menyeleksi semua kemudian copy dan paste pada dokumen contact sheet yang sudah kamu bikin sebelumya. Untuk tutorial ini saya menggunakan Foto saya sendiri Prasetyo design yang saya dapatkan dari Stock Exchange. Letakkan layer contact sheet dibawah layer gambar utama lalu ubah blending mode layer gambar utama menjadi Hard Light atau bisa viviad light. Sekarang gambar utama kamu tampak seperti hasil dari susunan ribuan foto dengan warna yang berbeda.

dan Hasil Finalnya akan seperti ini, klik gambar untuk gambar besar



oke, hasilnya itu tergantung dengan anda "Kreasikan Kreatifmu untuk karya yg lebih baik" sekian Tutorial Membuat Foto Mozaik Prasetyo Design Di Photoshop dari Prasetyo Design, 

About Catur Prasetyo

Salam kenal, Saya Catur Prasetyo Utomo, biasa dipanggil "PrasetyoDesign" Penulis dan pengelolah Blog tutorial desain grafis "Belajar Graffiti, Photoshop, Coreldraw". Blog ini menyajikan berbagai tutorial tentang Desain Grafis. Tutorial ini ditulis hanya bertujuan untuk referensi dan latihan yang praktis dengan menggunakan aplikasi Photoshop, CorelDraw dan aplikasi desain lain. Jika anda menganggap tutorial pada Blog ini bermanfaat, bagikan pada teman-teman yang lain, tutorial ini gratis untuk anda semua. Saya ucapkan terima kasih. Salam Desainer! Prasetyo Design

2 komentar:


Site Meter My Ping in TotalPing.com

Follow by Email

Google+ Followers

Please Bantu Saya, Like This !!!

×

Powered By Prasetyo Design, Says and Thanks